Skip to main content

Saya Kuliah di Fakultas Insyaallah


Setelah saya menceritakan ‘perjuangan’ agar dapat menjadi mahasiswa setelah lulus SMA (Baca: Pengalaman Lolos Tes SBMPTN) akhirnya saya dinyatakan diterima di jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Sebenarnya IKM Unnes bukanlah prioritas utama jurusan kuliah yang saya inginkan.

Kecewa, tapi mau gimana lagi.
Tetap Alhamdulillah.

Kecewa karena Kesalahan Sendiri

Saya ceritakan kebodohan saya hingga nyasar sampai di jurusan Kesmas.

Jurusan kuliah yang dulu saya sendiri tak pernah mendengar sekalipun tentangnya.

Tak terpikirkan sama sekali untuk menjadi seorang tenaga kesehatan.

Begini ceritanya

Saya tak berpikir panjang soal rencana kuliah.
Yang saya pikirkan adalah yang penting bisa kuliah dengan beasiswa
dan menjadi mahasiswa 

Untuk itulah saya mencari jurusan yang sekiranya gampang untuk diterima

Cari yang Passing Grade-nya rendah

Tanpa mempedulikan minatku yang sebenarnya adalah di perkuliahan yang berbau teknik, saya mulai mencari informasi jurusan apa yang mudah untuk dimasuki

Sampai akhirnya ada kakak tingkat (alumni SMAku yang sukses di SBMPTN sebagai mahasiswa olahraga unnes) menyarankan untuk mencoba di jurusan kesehatan masyarakat di unnes.
Passing Gradenya rendah dek, Prospek kerjanya juga luas dan banyak. -katanya
Tanpa mikir-mikir...

Langsunglah saya ambil Kesehatan Masyarakat pada opsi pertama disusul teknik kimia dan teknik nuklir di nomor selanjutnya.

Hasilnya, saya lolos dan diterima di IKM Unnes.

Belakangan saya tahu, ternyata program studi Kesmas merupakan salah satu prodi di Unnes yang banyak peminat,

yang artinya persaingan untuk dapat tempat duduk di prodi ini cukup tinggi,

Passing Grade tinggi!

Ternyata saya mampu bersaing dengan ribuan calon mahasiswa lain. Seandainya saja saya gak nempatin Kesmas di nomor opsi satu, mungkin saya bisa diterima di jurusan teknik. -pikirku dengan penuh kesombongan.
Tak lama setelah itu aku tersadar
Eh, belum tentu juga ding, hehe.

Akhirnya
Dengan ikhlas saya menerima nasib dan menyadari bahwa Allah telah memberikan rizki yang teramat besar untuk hidup saya.

Terimakasih kepada mbak Wirna yang telah menunjukkan jalan saya kuliah di jurusan  kesmas unnes.

Kesan Awal Perkuliahan

Jurusan apa kamu dek?
Kesmas, mas, mbak
Oh, kesmas yang ada di Fakultas Insyaallah itu ya? Bagus itu, banyak ceweknya. Terus lulusannya banyak yang kerja di bank. Haha.
Maksudnya ?
Percapakan dengan para mahasiswa olahraga senior yang baru saya kenal itulah yang saya tangkap sebagai kesan pertama.

Sangat mengesankan bagi saya.

Saya tak tahu persis maksud dari pernyataan mahasiswa senior itu.
Yang saya simpulkan adalah mereka sedang meremehkan mahasiswa kesmas Unnes.

Congkak dan tidak sadar diri,
Padahal mereka juga sekedar mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan olahraga yang notabene lebih sempit lingkup kerjanya, palingan juga jadi guru honorer gaji 300 ribu (Pikirku dengan penuh kekesalan).

Fakultas Insyaallah

Kampus IKM Unnes merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes.

Ya FIK!
Jangan tanya, kok kesmas masuk FIK bukannya FKM ya.

Nah, karena status IKM unnes yang “numpang” di FIK inilah yang mungkin dijadikan motif  cibiran para mahasiswa olahraga pada percakpan di atas.

Jurusan Kesmas cenderung dipandang remeh dan sebelah mata  di lingkungan kampus Unnes terutama FIK.

Lalu,

Apa maksud dari Fakultas Insyaallah?

Sebenarnya dari pihak jurusan kesmas unnes, ada upaya untuk memisahkan diri dari bagian FIK unnes dengan berencana membangun fakultas sendiri yaitu FKM Unnes.

Bahkan, lahan untuk membangun FKM Unnes sudah dipersiapkan dengan memasangi papan bertuliskan:

“Insyaallah di sini akan dibangun Fakultas Kesehatan Masyarakat”

Akan tetapi, entah karena alasan sejarah pendirian atau apalah, pendirian FKM Unnes tak pernah bisa terwujud.

Sampai papan bertuliskan rencana pembangunan FKM yang tertancap itu lapuk dan hilang/dicabut, Gedung itu tidak jadi di bangun.

Hal itulah yang memunculkan istilah ejekan dengan kata Fakultas Insyaallah.

Hehe.

Tapi saya sih tidak ambil pusing.

Mau FKM kek, FIK kek.

Bodo amat.

Meskipun ada di Fakultas Ilmu Keolahragaan,
Untuk kualitas, IKM Unnes tergolong bagus dan mampu bersaing dengan kesmas di universitas lain.
Bahkan lebih unggul di beberapa aspek tertentu.

Apalagi, Jurusan IKM Unnes sudah punya gedung tersendiri, tidak numpang lagi di gedung milik jurusan olahraga.
Berikut penampakan Gedung (baru) Jurusan  IKM Unnes 

Fakultas Insyaallah


Untuk lebih jauh tentang bagaimana keadaan IKM Unnes, kamu bisa baca tulisan teman saya yang membahas ini: 5W+1H Jursan Kesehatan Masyarakat 

Intinya, IKM Unnes tidak sejelek yang difikirkan.

Hikmah dan Kesimpulan

1. Ketahui benar-benar minat dan cita-citamu sebelum memutuskan pilihan jurusan yang akan kamu pilih.
2. Selalu bersyukur dan Nrima pemberian dari Tuhan.
3. Rencanakan secara matang tujuan hidupmu baik pendek, menengah dan jangka panjang.
4. Bersihkan hati, dan luruskan niat bahwa tujuan kuliah adalah untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
5. Semua Jurusan itu bagus, tinggal kitanya aja bener atau tidak belajarnya..

Comments

  1. Hallo kak..
    Boleh di ceritain sekilas tentang perkuliahan di kesmas unnes? Trus fasilitasnya gimana kak? Dosen dosennya gimana kak?

    Trus ceritain suka dukanya selama ngekost di semarang dong kak.

    Maaf kepo ya kak wkwk
    Lagi gali informasi nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Muhammad Rizqi Al Ayyubi.
      Terimakasih sudah membaca postingan ini.
      Saya pikir gak ada yg baca, makanya sudah sejak setahun lalu saya berhenti memulis di blog ini. Hehe.

      Kuliah di kesmas unnes itu... ya standar mungkin kali ya. Untuk fasilitasnya, cukup lengkap karena akreditasinya B menurut Ban pt.
      Dosennya banyak yg berkualitas disini, tapi yang gak berkuakitas juga banyak. Haha.

      Untuk suka duka selama di semarang, mungkin aku ceritain nanti di oost selanjutnya.. tapi sayangnya aku dah ngerasa gagal dalam menulis, jd mungkin saja gak saya lanjutkan blog ini.
      Sekali lagi terimakasih banyak sudah berkhnjung.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog