Skip to main content

MIRACLE : Konsep Diri Wajib bagi Ahli Kesehatan Masyarakat

Jika Kuliah di FKM tidak akan asing mendengar kata MIRACLE, Sarjana Kesehatan masyarakat bisa mencipatkan keajaibankah ?

Tak Seperti ilmu medis seperti kedokteran dan Keperawatan, Ilmu Kesehatan Masyarakat, menitikberatkan pada langkah pencegahan dan promotif dalam menghadapi masalah kesehatan di masyarakat banyak.

Menurut dekan FKM UI bahwa:
ilmu kesehatan masyarakat itu merupakan kombinasi dari ilmu pengetahuan, keterampilan, etika dan moral yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan memperpanjang usia semua orang melalui tindakan kolektif yang terorganisir. 
Ilmu kesehatan masyarakat juga bertujuan untuk mencegah penyakit dan memenuhi seluruh kebutuhan dalam kesehatan dengan memenuhi strategi pemberdayaan masyarakat untuk hidup secara mandiri.
Ahli kesehatan masyarakat itu harus dapat membuat masyarakat berdaya, bukan tergantung karena yang kita ciptakan adalah masyarakat mampu hidup sehat. Seorang ahli kesehatan masyarakat juga harus mampu bekerja dalam tim, bekerja kolektif dan multi sektor
arti singkatan miracle kesmas dan filosofi kompetensi

 Apa Itu Konsep MIRACLE ahli Kesehatan Masyarakat ?

MIRACLE adalah singkatan dari (Manager = Manajer), I (Inovator = Pembaharu), R (Researcher = Peneliti), A (Apprenticer = mampu belajar dalam tim dan bekerja cepat), C (Communitarian = merakyat), L (Leader = Pemimpin), dan E (Educator = pendidik).

Secara singkat MIRACLE dijelaskan sebagai berikut:

  • M – Manager, artinya mampu mengelola kebijakan dan program kesehatan masyarakat.
  • I – Innovator yang berarti menciptakan inovasi terkait metode dan paradigma kesehatan. 
  • R – Researcher yang maknanya melaksanakan penelitian kesehatan secara komprehensif dan berbasis bukti.
  • A – Apprenticer, membimbing untuk mencapai kesehatan yang sempurna.
  • C – Communitarian berarti mengupayakan kesehatan dengan- dari- untuk dan oleh masyarakat. 
  • L – Leader, memimpin terwujudnya visi kesehatan masyarakat. Terakhir E – Educator artinya mendidik masyarakat agar hidup sehat.
Seorang ahli kesehatan masyarakat diwajibkan untuk memiliki tujuh kemampuan diri tersebut sehingga dapat menjadi Miracle (Keajaiban) yang sesungguhnya untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat. Baca juga: Peluang kerja jurusan kesehatan masyarakat 

Filosofi Miracle penting dimiliki oleh ahli kesehatan masyarakat mengingat tantangan kesehatan masalah kesehatan di masyarakat masih banyak yang belum dapat diatasi.
Angka Kematian Ibu, Gizi buruk, pelayanan kesehatan untuk masyarakat, kecelekaan dan penyakit akibat kerja, dan lain-lain.

Maka bila ingin menjadi ahli kesehatn maysarakat, mahasiswa diwajibkan untuk mengasah skill miracle di perkuliahan maupun pada masyarakat dilingkungan sekitarnya.

Comments

Popular posts from this blog