Skip to main content

Mudahnya Mencari Jurnal Kesehatan untuk Referensi Skripsi

Mencatumkan referensi Artikel dari Jurnal Kesehatan merupakan suatu persyaratan yang wajib dalam menulis skripsi dan karya ilmiah kesehatan lainnya. Namun masih banyak yang masih kesulitan untuk mencari artikel-artikel yang sesuai untuk karya yang akan disusun.

Cara mudah mencari jurnal kesehatan pdf untuk skripsi

Tulisan ini akan membahas solusi dengan menyajikan bagaimana tips dan trik mudah mendapaatkan artikel dari jurnal kesehatan. Terutama untuk mahasiswa jurusan kesehatan seperti kesmas, keperawatan, kebidanan, dan kedokteran.

Tapi sebelum lebih jauh,
izinkan saya memperjelas apa itu  jurnal dan apa itu artikel secara singkat.
Sebab, masih banyak teman kuliah saya yang masih salah memahami dan tidak dapat membedakan jurnal dan artikel itu sendiri.
Mereka tahunya, Jurnal ya itu tuh anu, mmm.. . hehe.

Jadi,
Jurnal adalah tempat (biasanya website) kumpulan artikel penelitian yang dipublikasikan kepada pembaca secara umum. Sedangkan artikel ya hasil penelitian yang dipublikasikan di dalam jurnal itu.

Nah yang kita butuhkan untuk menyusun skripsi kesehatan atau karya ilmiah sejenis itu sebenarnya adalah artikel penelitan. Jurnal itu hanya tempat publikasinnya.

seperti itulah kira-kira, karena mungkin masih ada yang salah kaprah.

Oke, saatnya mulai pada pokok pembahasan mengenai cara mencari jurnal di internet (google) dengan sangat mudah.

Trik Mudah dan Cepat mendapatkan Artikel Jurnal Kesehatan

Menysusun skripsi tentang Kesehatan, biasanya memerlukan syarat setidaknya minimal ada 10 Artikel Penelitian dari Jurnal Kesehatan Internasional  dan 14 Artikel dari Jurnal Kesehatan Nasional.

Tentu persyaratan jumlah tersebut tergolong banyak sekali. Apalagi kalau tema skripsi atau karya tulis ilmiah yang akan kamu susun adalah tema-tema masalaah kesehatan yang langka dan minim orang lain yang menelitinya.

Kamu bisa menggunakan trik dan cara mendapatkan artikel jurnal dengan mudah dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Tulis keyword di pencarian google dengan Judul skripsi/karya ilmiah yang akan kamu susun dengan ditambahkan dengan kata jurnal .pdf.

Misalkan, kamu akan menulis skripsi bertemakan dermatitis, kamu bisa memasukkan kata kunci :
Hubungan antara personal hygiene dengan kejadian dermatitis jurnal .pdf

2. Gunakan Google Scholar

Dalam google khusus untuk para pelajar ini kamu hanya tinggal memasukkan kata kunci utama atau tema kesehatan yang akan kamu tulis. Maka akan langsung muncul hasil pencarian berbagai penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti lainnya. Contoh: Ketikkan keyword Penyakit Kulit

3. Gunakan Researchgate

Reaserchgate boleh dibilang sebagai media sosialnya para ilmuwan dan peneliti dari seluruh dunia. Kamu tentu dapat dengan mudah menemukan karya-karya ilmiah kesehatan mulai dari dokter, perawat, ahli kesmas, ahli K3 dan tenaga kesehatan lainnya.

Hampir sama seperti google scholar, kamu tinggal mengetikkan kata kunci yang ingin kamu dapatkan untuk mencarinya di website tersebut. Ada beberapa artikel kesehatan yang mungkin tidak bisa di download secara utuh dan memerlukan izin dari si pemilik artikel/ peneliti. Untuk mendapatkan artikel itu, kamu perlu membuat akun secara gratis. Kemudian setelah ada akun, kamu tinggal meminta kepada pemilik artikel dengan cara klik tombol Request Full Text. 

Cara Mencari Artikel Jurnal Kesehatan Internasional PDF Gratis

Untuk mencari artikel kesehatan dari jurnal internasional secara gratis dan pdf lengkap sebenarnya sangat mudah. Silahkan kamu buka situs PubMed. PubMed merupakan search engine atau googlenya jurnal kesehatan Internasional. PubMed itu mesin pencarian Jurnal Khusus untuk kesehatan.

Pubmed menyediakan lebih dari 29 juta sitasi untuk Literatur kesehatan, biomedis, jurnal bahkan buku kesehatan dan banyak yang disediakan secara gratis.

Kamu tidak perlu bingung, hanya perlu mengetikkan kata yang ingin kamu cari artikel pdf nya di kolom pencarian pubmed. Maka akan muncul ribuan jurnal yang bisa kamu pilah dan pilih.

Berikut ini contoh hasil pencarian saya dengan kata kunci "Health Problem", kamu bisa mencobanya dengan kata kunci kesehatan yang lebih spesifik sesui dengan topik skripsi atau makalah yang akan kamu tulis.

Cara mencari jurnal Kesehatan internasional pdf full textt


Kebanyak Artikel dalam Jurnal kesehatan tersebut bisa di dapatkan secara gratis dan kamu download artikelnya dengan mudah. Tapi ada juga yang berbayar. Kamu perlu membayar sejumlah uang dalam bentuk dolar. Tentu akan sangat susah untuk mendapatkan bila artikel penelitian yang kamu cari dan dapatkan ternyata berbayar.

Lalu bagaiman cara membaca dan mengunduh jurnal kesehatan internasional berbayar secara gratis?
Triknya adalah...
terus baca postingan ini sampai selesai ya.

Trik Mengakses Jurnal Kesehatan Internasional Berbayar Secar Gratis

Terkadang, kita menemukan artikel penelitan yang sesuai dengan apa yang akan kita susun dalam skripsi dan tulisan ilmiah kita. Namun ternyata kita perlu membayar untuk mengakses artikel tersebut.
Tentu sangat memberatkan,
Apalagi sebagai mahasiswa
bayar artikel jurnalnya pakai dollar pula. Mana bisa. hehe.

Solusinya adalah dengan membuka situs Sci-hub di alamat https://sci-hub.tw/
Sci-hub merupakan situs yang dapat membuka akses jurnal-jurnal internasional dari berbagai topik ilmu pengetahuan, termasuk kesehatan.

Baca Juga Konsep diri Seorang S.KM

Nah, cara untuk mengunduh jurnal kesehatan pdf yang berbayar melalui sci-hub ini sangat mudah. Kamu hanya perlu menyalin kode DOI atau url DOI yang setiap artikel kesehatan dalam suatu jurnal pasti memilikinya. Kemudian paste di situs sci-hub.
dan ting.. pdf siap untuk di download.

berikut contoh saya mendownload artikel berbayar dengan gratis lewat sci-hub

Tips Mengunduh jurnal internasional berbayar
Url DOI artikel yang akan diunduh
Jurnal gratis lewat sci-hub
Paste ke situsSci-hub, enter !
Menggunakan sci-hub apakah legal ?
Terserah kamu menanggapinya, yang penting gunakan secara biijak. hehe.

Bonus: Daftar Jurnal Kesehatan Nasional dan Internasional Gratis (Open Acces)

Berikut ini saya rekomendasikan beberapa daftar jurnal kesehatan Nasional yang dapat diakses secara gratis dan pdf bebas bayar.

Jurnal Nasional :

  1. Jurnal Kesmas UI
  2. Jurnal Kesehatan Masyarakat Undip
  3. Jurnal Kemas Unnes
  4. Jurnal Kesehatan UIN Makassar
  5. JKLI
  6. Higea
  7. Jurnal Keperawatan
  8. Jurnal Kebidanan
  9. Jurnal Kesehatan Kerja
  10. Jurnal Kedokteran
Jurnal Intenasional :
Demikian tulisan saya mengenai cara mendapatkan jurnal untuk penulisan skripsi dan karya tulis ilmiah. Semoga kamu lancar dalam menyusunnya tanpa kendala yang berarti.

Terimakasih banyak.



Comments

Popular posts from this blog