Skip to main content

7 Fakta Unik Jurusan Kesehatan Masyarakat yan Wajib Diketahui


rzkayaranandabakrie.blogspot.com

Mungkin tidak banyak orang yang familiar dengan kuliah ini. Bahkan sebagian besar orang tidak pernah mendengar sama sekali tentang jurusan kesehatan masyarakat ini.
Berbeda jauh apabila dibandingkan dengan saudara dekatnya seperti jurusan kedokteran, kebidanan, dan keperawatan yang hampir semua kalangan mengetahuinya.
Jika kamu merupakan mahasiswa yang mengambil jurusan kesmas, tentu pernah menemui orang dekat anda yang belum tahu apa itu jurusan kesmas. Seperti dialog berikut
Kuliah dimana, dek ?
Unnes, om.
Kuliah ngambil jurusan apa di sana ?
Kesehatan masyarakat
Oh, kalau lulus jadi mantri suntik ya ?
Mmm..
Masih banyak yang salah memahami Jurusan kesehatan masyarakat itu. Orang awam cenderung menganggap bahwa jurusan kesmas sama seperti bidang kesehatan medis dokter, bidan dan perawat yang berfokus lebih ke kesehatan sekunder : mengobati.

Faktanya tidak demikian, prodi kesmas tidaklah sama dengan ketiga jurusan diatas, walaupun masih dalam satu fokus yaitu mengatasi masalah kesehatan.
Berikut fakta menarik tentang jurusan kuliah kesehatan masyarakat yang wajib diketahui.


1. Kesmas berbeda dengan kedokteran

Dilihat dari namanya memang jauh, tapi entah kenapa anggapan sebagian orang mengasoiasikan kesmas dengan kedokteran padahal keduanya itu berbeda. 

Kesmas bertugas untuk mengusahakan kumpulan orang di suatu daerah (masyarakat) untuk selalu sehat dengan cara-cara promosi hidup sehat yang sifatnya lebih ke tindakan pencegahan. 
Sedangkan kedokteran fokusnya adalah mengobati individu sakit (pasien) agar sehat kembali. Namun keduanya saling sinergis dan melengkapi satu sama lain.
Baca : Kesmas vs Kedokteran
2. Kesmas tidak melulu belajar tentang IPA dan biologi

Meski dalam ujian sbmptn dan sejenisnya untuk masuk kesmas harus mengerjakan soal tipe IPA, namu faktanya materi kuliah kesma campur dengan ilmu sosial juga.

Karena sasarannya masyarakat, di jurusan kesmas juga dipelajari sosiologi, antropologi dan materi materi IPS lainnya sejalan dengan materi IPA sepertu anatomi, fisiologi dan sejenisnya.

Bahkan mahasiswa kesmas cenderung diharuskan untuk sosialis, musti supel, dan pintar public speaking. Hal ini dimaksudkan agar saat terjun ke masyarakat bisa dengan mudah untuk mengajak mereka hidup sehat.

3. Tidak selalu harus bekerja di Puskesmas

Mentang mentang nama jurusannya kesehatan masyarakat, terus lulusannya bekerja sebagai pegawai puskesmas semua gitu ? Tidak.

Prospek kerja kesmas ini luas, bisa bekerja entah di puskesmas, rumah sakit, klinik, pns, menteri, hehe.
Selain kantoran, kesmas juga bisa bekerja di lapangan. Misal ahli k3, teknik lingkungan dan epidemiologi.
Untuk masalah gaji tentu lulusan kesehatan masyarakat sangat menjanjikan.
Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Kesmas

4. Ahli Kesmas merupakan tenaga kesehatan yang sangat penting

Kesehatan masyarakat merupakan tenaga kesehatan yang berperan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan menggerakan pembangunan berwawasan kesehatan.

Hal ini didasarkan atas kewajiban utama tenaga kesehatan masyarakat bersama dengan tenaga kesehatan lainnya adalah untuk mengupayakan masyarakat agar hidup sehat dan sejahtera baik dari segi fisik, mental, sosial dan ekonomi.

Macam-macam tenaga kesehatan masyarakat :
  • Epidemiolog Kesehatan
  • Tenaga Promosi Kesehatan dan ilmu Perilaku
  • Pembimbing Kesehatan Kerja
  • Tenaga Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
  • Tenaga Biostatistik dan Kependudukan
  • Tenaga Kesehatan Reproduksi dan Keluarga.
Organisasi penting dalam kesmas di Indonesia adalah IAKMI dan IPTKMI.

5. Tempatnya mahasiswa cantik dan pintar

Poin bukan mitos belaka, hampir sama seperti jurusan keperawatan dan sejenisnya, mayoritas yang berkuliah di jurusan ini adalah para cewek cantik. Entah kenapa cowok jarang berminat kuliah di jurusan kesehatan, padahal   jurusan ini bisa menjadi peluang besar kamu mendapatkan jodoh dengan sedikit saingan. Hehe

Karena rata-rata cowok dalam jurusan kesmas adalah minoritas, maka cowok di sini biasanya dijadikan sebagai pemimpin dan panutan bagi para mahasiswi-mahasiswi cantik.

Hanya ada cowok satu ekor cowok diantara puluhan cewek itu suatu yang biasa terjadi di perkuliahan jurusan kesmas.

Tapi...

Karena jadi satu-satunya spesies (langka), tak jarang mahasoswa cowok jadi kambing hitam di suatu kondisi tertentu. Hehe

6. Materi kuliah se-spaneng kedokteran/keperawatan.

Menurut pendapat saya, kuliah di jurusan ini itu mudah. Maksudnya kita tidak terlalu diharuskan untuk melakukan hal-hal yang sifatnya teknik micro hard skill semacam menjahit luka, atau memasang infus.

Kesmas lebih berfokus pada bagaimana soft skill kita menghadapi masyarakat. Kita di wajibkan untuk menguasai public speaking, memahami perilaku, dan mempromosikan serta kemapuan untuk mengajak masyarakat mengubah perilaku agar hidup sehat. 

7. Identik dengan Warna Ungu

Bila jurusan kesehatan lain identik dengan warna putih bersih, jurusan kesmas identik dengan warna ungu.
Beberapa Universitas di Indonesia yang ada Fakultas Kesehatan Masyarakat atau masih Jurusan kesehatan masyarakat, memakai warna ungu sebagai warna kebangsaan mereka. Contohnya universitas besar seperti UI dan Untad.

Alasan kenapa memakai warna ungu ini saya kuran tahu kenapa. Kalau kamu tahu, coba komen ya di kolom komentar. Hehe

Nah, itulah 7 fakta menarik yang sudah saya jabarkan menurut opini pribadi saya sebagai seorang mahasiswa kesmas. Bila kamu ingin menambahkan lagi fakta menarik lainnya tuliskan di kolom komentar di bawah ya.

Comments

Popular posts from this blog