Skip to main content

Pencerah Nusantara: Tempat Sarjana Kesehatan Masyarakat Mengasah Diri

Logo Pencerah Nusantara


Pencerah Nusantara, Apa Sih itu ?

Sudah tahukah kamu wahai  pemilik gelar S.KM tentang program Pencerah Nusantara ?

Seberapa pentingkah program Pencerah Nusantara bagi para tenaga Kesehatan Masyarakat ?

Kenapa kamu perlu bergabung dan ikut ambil bagian di dalamnya ?

Mari kita bahas dalam postingan blog ini.

Program pencerah Nusantara merupakan program pengabdian masyarakat yang berfokus di bidang kesehatan. Hal yang menarik dari program ini khususnya menurut pandangan tenaga kesehatan masyarakat adalah tentang tujuan dan bentuk kegiatan program ini : bukan berfokus pada mengobati penyakit tetapi mencegah masalah kesehatan yang ada pada masyarakat di suatu daerah.

Coba baca satu paragraf tentang apa yang dilakukan dalam program Pencerah Nusantara di bawah ini.
Pencerah Nusantara adalah mengenai menciptakan perubahan pola pikir dalam masyarakat. Meskipun berpusat pada upaya kesehatan, mengobati penyakit bukanlah tujuan kami. Dengan adanya para Pencerah Nusantara, di harapkan akan menjadi perubahan paradigma mengenai kesehatan. Menjaga kesehatan adalah upaya mencegah kesakitan yang dilakukan bersama, dan para Pencerah Nusantara lah yang akan memulai perubahan ini.
Paragraf tersebut tentu tidak asing lagi bagi kamu kan ?

Yap! apa yang dilakukan oleh program pencerah Nusantara merupakan Ruh dari Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jadi, apakah kamu termotivasi untuk berpartisipasi di dalamnya ?
Sebagai tenaga / calon tenaga kesehatan masyarakat pastinya akan menjawab : Iya, saya ingin ikut !

Nah,
Untuk lebih memahami tentang apa itu Pencerah Nusantara berikut saya jelaskan sedikit.

Apakah dan Bagaimana Tujuan Pencerah Nusantara ?

Program Pencerah Nusantara adalah terobosan yang diinisiasi oleh Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk Millennium Development Goals (KUKP-RI MDGs) yang bertujuan memperkuat pelayanan kesehatan primer melalui penempatan generasi muda di daerah perifer di Indonesia.

Program ini terdiri dari sekelompok tim kesehatan terpilih dan terlatih (dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat dan pemerhati kesehatan dari berbagai latar belakang akademis) yang bersedia mengabdikan diri selama 1 tahun untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di pelosok Indonesia.

Tim ini akan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan secara lintas sektor untuk bekerja bersama meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menggunakan kesehatan sebagai daya ungkit. Tim Pencerah Nusantara diharapkan dapat menjadi agen perubahan di daerah penugasan mereka masing masing dalam memperbaiki profil kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Fokus Program ini  adalah perbaikan pelayanan kesehatan primer serta upaya promotif dan preventif untuk mengubah paradigma masyarakat menuju paradigma sehat. Pencerah Nusantara bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan bangsa Indonesia, dengan menempatkan para Pencerah Nusantara di kantung-kantung penduduk yang membutuhkan intervensi, terutama di bidang kesehatan.

Salah satu Kegiatan Pencerah Nusantara

Kegiatan Seorang Pencerah Nusantara

Sebelum dikirim ke lokasi penempatan, seorang Pencerah Nusantara akan mendapat pelatihan intensif selama kurang lebih 7 minggu. Tim Pencerah Nusantara diberikan pembekalan yang komprehensif dari para pakar di bidangnya, meliputi peningkatan kompetensi medis dan kesehatan masyarakat, pelatihan ketahanan fisik dan survival, kepemimpinan, nasionalisme, pemberdayaan dan mobilisasi komunitas, advokasi, manajemen puskesmas, perencanaan program, kompetensi survei dan pengolahan data, personal wellbeing, team building, pengenalan budaya lokal, dan masih banyak lainnya.


Para pakar tersebut akan tetap menjadi pembina jarak jauh dalam mendampingi dan memberikan masukan kepada Pencerah Nusantara selama bertugas di daerah penempatan masing-masing.

Selama menjadi Pencerah Nusantara, akan banyak sekali hal yang akan kita lakukan seperti melakukan upaya penguatan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) bersama dengan masyarakat, tenaga kesehatan lokal, lembaga swadaya masyarakat (LSM) beserta pemangku kepentingan dari berbagai sektor. Selanjutnya kita juga akan berbagi ilmu, bertukar pendapat dalam upaya meningkatkan kapasitas, meningkatkan kualitas puskesmas, dan pemberdayaan masyarakat lewat berbagai program kesehatan. Kita akan turun ke masyarakat membantu percepatan pencapaian target SDGs (Sustainable Development Goals) terutama bidang kesehatan.

Kenapa Kamu Perlu Ikut ?

Pencerah Nusantara adalah tempat yang sangat bagus untuk belajar based on reality berdasarkan masalah kesehatan yang ada di suatu daerah
Pencerah Nusantara merupakan tempat yang cocok bagi kamu yang berjiwa sosial tinggi dan ingin terus belajar serta mengabdi mengamalkan ilmu yang sudah di dapat pada saat masa perkuliahan. 

Dengan bergabung dengan pencerah nusantara kamu dapat memperoleh gambaran nyata masalah kesehatan yang ada di masyarakat dan berusaha menemukan solusinya. 

Tentu saja berinteraksi dengan masyarakat selama 1 tahun dan berusaha bekerja mengatasi masalah kesehatan akan didapatka pengalaman yang luar biasa dan tidak akan dapat terlupakan.

Selain itu dengan bergabung menjadi pencerah Nusantara kamu turut berpartisipasi untuk mewujudkan masyarakat Indonesia menjadi Negara dengan derajat kesehatan masyarakat yang tinggi.

Itulah.

Persiapkan dirimu untuk bergabung ! karena peminat orogram ini sangat banyak sehingga hanya orang-orang dengan keseriusan dan semangat tinggi yang dapat masuk. Pastikan salah satunya adalah dirimu !




Comments

Popular posts from this blog