Skip to main content

[Sarjana Kesehatan Masyarakt] Bingung Pilih Peminatan Mana ? Baca Nih !

Program studi Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu prodi yang sangat diminati oleh para calon mahasiswa. Contoh di UNNES Semarang saja pada SNMPTN tahun 2015 Jurusan Kesehatan Masyarkat menempati urutan ke-4 dengan jumlah 3.498 orang mendaftar. Hal itu tak mengherankan mengingat prospek kerja untuk lulusan jurusan kesehatan masyarakat sangat besar. Kamu yang sudah menjadi mahasiswa kesmas patut untuk berbangga.
Pilih yang mana ?

Salah satu masalah yang dibingunkan oleh mahasiswa kesmas adalaah tentang pemilihan peminatan yang biasanya akan dilakukan pada semester 4. Untuk peminatan Kesehatan Masyarakt tip perguruan tinggi berbeda-beda tergantung kemampuan dan ketersediaan sarana prasarana perguruan tinggi masing-masing. Namun umumnya peminatan peminatan tersebut adalah sbagai berikut.

  1. Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK)
  2. Epidemiologi
  3. Kesehatan Lingkungan
  4. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
  5. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku (PKIP)
  6. Gizi
  7. Kesehatan Reproduksi
Nah untuk review dari masing-masing peminatan diatas yuk mari kita simak secara seksama. Lalu tentukan dah sesuai dengan MINAT kamu sendiri, Ingat ya sesuai dengan minat kamu sendiri dan juga kemapuan ya, jangan sampai salah masuk peminatan yang kamu gak suka tapi tetap dipaksakan. OK Langsung saja berikut reviewnya.

1. Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan
 Peminatan ini cocok untuk kamu yang berjiwa manajer dan suka mengkonsep suatu program. Dalam AKK akan dipelajari bagaiaman manajemen Rumah Sakit, Manajemen Pelayanan Kesehatan, dan Manajemen Asusarnsi. Untuk Lengkapnya silahkan baca review dari mbak Euis Ratna Sari dari UI ini.


  • Manajemen rumah sakit, di peminatan ini kita akan belajar bagaimana mengelola sebuah institusi rumah sakit. Dengan pendekatan sistem, kita harus bisa mengatur input proses dan juga output sebuah rumah sakit. Mulai dari SDM yang bekerja, sistem informasi, regulasi, pemasaran, pengelolaan keuangan, dan juga mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit itu sendiri. Bagusnya, lulusan MRS ini akan mengelola RS di Indonesia dengan baik J
  • Manajemen pelayanan kesehatan, mahasiswa yang concern dengan sistem kesehatan suatu negara pas banget kalau masuk peminatan ini. Disini, kita akan belajar mengenai kebijakan kesehatan yang tepat sesuai kondisi negara, ekonomi kesehatan dimana kesehatan yang dipandang secara ekonomi, perhitungan distribusi tenaga kesehatan beserta fasilitas pelayanannya, manajemen keuangan bidang kesehatan dan juga manajemen program kesehatan di Indonesia. Selain itu, mahasiswa di peminatan manajemen pelayanan kesehatan juga perlu mengetahui mengenai persoalan pelayanan kesehatan kepada pasien yang tidak dapat ditangani oleh pengadilan. Kalau lulusan MPK ini, super strategis ranah kerjanya. Insya Allah dimana aja bisa, mulai dari pusat penelitian kebijakan kesehatan hingga praktisi program juga bisa, mulai dari puskesmas, Dinas Kesehatan, Kementerian Kesehatan, NGO, hingga DPR komisi IX bidang kesehatan, konsultan.
  • Manajemen asuransi kesehatan, peminatan yang ini khusus sekali belajar mengenai asuransi kesehatan di Indonesia. Mulai dari asuransi yang termasuk jaminan sosial ataupun asuransi komersil biasa. Mahasiswa di peminatan ini yang paling ahli dalam menghitung iuran para peserta asuransi yang biasa dibayar per bulan itu.

2. Pemminatan Epidemiologi
Epidemiologi adalah ilmu yang belajar mengenai distribusi penyakit, frekuensi penyebaran penyakit, dan juga faktor determinan yang mempengaruhi distribusi dan frekuensi penyakit di populasi. Untuk tahu distribusi dan faktor resikonya, mahasiswa departemen ini akan dibekali pemahaman mengenai desain penelitian yang beragam. Seperti penyakit menular dan tidak menular, ternyata untuk mengetahui distribusi dan faktor resikonya dalam satu populasi diperlukan ilmu epidemiologi yang khusus. Untuk mahasiswa lulusan peminatan epidemiologi, sebenarnya bisa mengabdi di berbagai institusi terutama yang berfokus pada penelitian penyakit seperti Yayasan Pelita Ilmu, Yayasan Kes Perempuan, PKBI, World Vision, Plan International, dsb.

Peminatan epidemiologi cocok untuk kamu yang suka ngitung, menganalisis, dan pemikir ulung. Serta untuk kamu yang rajin dan pemberani, karena biasanya dosen pada pemminatan ini rada serius dan cenderung killer gitu. haha (Opini)

3. Kesehatan Lingkungan

Peminatan Kesehatan Lingkungan cocok untuk kamu yang punya minat pada masalah -masalah lingkungan dan suka berkeliling alias jalan-jalan.

fokus dalam dampak lingkungan pada kesehatan manusia. Biasanya, mahasiswa di departemen ini akan belajar mengenai penyebaran penyakit yang dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, seperti TBC, DBD, dsb, juga mempelajari tentang sanitasi lingkungan di tempat makan dan pengaruhnya dengan kualitas makanan. Selain itu, mahasiswa kesehatan lingkungan juga belajar bagaimana pengelolaan limbah yang baik itu supaya tidak berdampak pada kesehatan masyarakat di sekitarnya. Jadi, ranah kerja lulusan kesehatan lingkungan juga beragam. Bisa di indusri makanan, oil and gas atau kalau misalnya departemen HSE mereka dipisah, lulusan ini bisa bekerja di kementerian lingkungan hidup, atau di international organization lainnya.

4. 

Comments

Popular posts from this blog