Skip to main content

Contoh Program 4P+2P Kesehatan Mayarakat : Buku Pintar Ber-KB dan Penerapannya Pada Mayarakat Kelurahan Sekaran

Berikut ini adalah contoh program dengan menerapkan prinsip sosial marketing yaitu : Product, Price, Place Promotion ditambah dengan Partnership serta Policy ( 4P+2P ). Program ini dapat dijadikan referensi untuk tugas Matta Kuliah Social Marketing pada Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1).

Judul Program :

"Buku Pintar Ber-KB sebagai Langkah Promotif dan Edukatif bagi Masyarakat Kelurahan Sekaran, Semarang untuk Mengenal tentang Program Keluarga Berencana"

Penjelasan Program :


Buku Pintar KB
Program Buku Pintar Ber-KB
  1. Latar Belakang
    Salah satu masalah kependudukan yang cukup besar di Indonesia adalah jumlah kepadatan penduduk yang sangat besar. Hal ini menimbulkan berbagai masalahlain. Untuk itu Pemerintah mencanagkan Program Keluarga Berencana (KB) yaitu Program pembatasan jumlah anak utnuk setiap satu keluarga cukup 2 anak saja.

    Keluarga Berencana merupakan salah satu pelayanan kesehatan preventif yang paling dasar dan utama bagi wanita.anyakwanita harus menentukan pilihan kontrasepsi yang sulit. Tidak hanya  karena terbatasnya metode, namun juga dikarenakan ketidaktahuan mereka mengenai alat kontrasepsi.

    Di Kota Semarang pada tahun 2014 jumlah partisispasi pasangan usia subur (PUS) adalah 77 % . Angka terseut cukup esar namun perlu dilaksanakan langkah-langkah strategis kemali utnuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat khususnya pasangan usia subur di wiayah sekaran semarang dalam program kesehatan masyarakat.

    Buku Pintar ber-KB adalah salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan angka parisipasi masyarakat untuk turut serta melakukan program KEluarga Berencana.
  2. Produk
    Buku pintar ber Kb adalah buku panduan yang berisi tentang bagaimana cara melakukan kontrasepsi, mengapa melakukan kontrasepsi, apa manfaat kontrasepsi, jenis kotnrasepsi yang cocok dan hal-hal pokok lalin yang perlu diketahhui mengenai KEluarga Berencana

    Buku Pintar Ber-Kb disajikakn dengan bahasa yang mudah dipahami serta dengan banyak gambar dan warna sehingga diharapkan dapat menarik perhatian target pemasaaran yang dalam hal ini dalah wanita, pria usia subur dan pasangan usia subur yang berada di wilayah kelurahan sekaran gunungpati semarang.
  3. Price
    Biaya yang diperlukan untuk memproduksi satu buah buku Pintar be-KB adalah Rp10.000;
  4. Place
    Temapat sasaran distribusi program ini adlah diwilayah KAmpus Universitas Negeri Samarang, Kelurahan Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang.
  5. Promotion
    Promosi dilakukan dengan memanfaatkan kader-kader KB yang berada di Wilayah Sekaran dengan metode penyuluhan masal di Puskesmas atau Posyandu terdekat. Selain itu metode door to door juga dapat dilakukan untuk menyasar target di yang lebih efektif.
  6. Partnership
    Menjakin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan yang ingin berpromosi dengan menyediakan space untuk menempatkan iklan pada buku PIntar Ber-KB.
  7. Policy
    Kepala kelurahan membbuat kebiijakan yang menberi izin dan mengatur peredaran buku ini ke masyarakat di wilayah Sekaran.

Comments

Popular posts from this blog