Skip to main content

Produktivitas Kerja | Materi Dasar K3


Peningkatan Produktivitas kerja merupakan salah stu tujuan mengapa pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam suatu pekerjaan itu penting.

Ada 3 faktor penting yang mempengaruhi produktivitas kerja yaitu kapasitas Kerja, Beban Kerja, serta lingkungan kerja. Dalam materi ini akan dijelaskan secara menyeluruh tentang produktivitaas kerja dan kaitannya dengan K3.

Pengertian Produktivitas Kerja

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu, kemampuan untuk menciptakan sesuatu. Secara filososfis produktifitas adalah sikap mental yang selalu mempunyai pandangan bahwa mutu kehidupan hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok haru lebih baik dari hari ini.

Menurut Sritomo (1992) Produktivitas kerja adalah rasio jumlah, keluaran yang dihasilkan per total tenaga kerja yang dipekerjakan.

Dalam arti sederhana Produktifitas adalah perbandingan antara kemampuan seorang pekerja dengan banyaknya produk yang dapat dihasilkan.

Untuk mencapai tingkat produktivitas yang tinggi, suatu perusahaan dalam proses produksi tidak hanya membutuhkan bahan baku dan tenaga kerja saja, tapi juga harus didukung faktor-faktor lainnya

Secara umum Faktor yang mempengaruhi Produktifitas Kerja adalah sebagai berikut:
  • Kapasitas Kerja 
  • Beban Kerja 
  • Lingkungan Kerja 

Pentingnya K3 dalam Meningkatkan Produktifitas Kerja

Penerapan K3 berperan sangat penting dalam meningkatkan produktifitas kerja.Penerapan K3 bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja yang sehat dan produktif, lingkungan kerja yang kondusif : aman, tidak panas,bising, berrdebu, pengap dengan gas-gas kimia yang akan mempengaruhi kesehatan pekerja.

Dengan penerapan K3 yang baik di dalam suatu perusahaan maka hasilnya adalah tingkat produktifitas pekerja yang stabil dan bahkan meningkat secara maksimal. Maka dari itu, K3 tidak dapat terpisahkan dengan tingkat produktifitas kerja.

Semakin baik penerapan K3 diperusahaan maka semakin baik pula produkstifitas yang dihasilkan tenaga kerja.

Produktifitas Pekerja sejalan dengan penerapan K3 yang baik.

Cara Menghitung Produktifitas Kerja

Produktifitas adalah suatu tingkatan perbandingan antara besarnya keluaran dengan besarnya masukan. Hubungana ini dapat digambarkan sebagai persamaan berikut:


Produktifitas Keluaran (O)
Masukan (I)

Upaya-upaya Peningkatan Produktifitas Kerja
Upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan produktifitas kerja adalah sebagai berikut:
  • Pemberian penghargaan kepada tenaga kerja atas prestasti mereka 
  • Memperbaiki pekerjaan yang sulit dilaksanakan pekerja dan tidak disukai pekerja 
  • Melatih pekerja bertanggung jawab dan memberikan sarana untuk meningkatkan pelaksanaan tugas. 
  • Melindungi pekerja dari bahaya yang dapat menimpa dirinya pada saat melakukan pekerjaan dengan menciptakan kondisi lingkungakn kerja yang aman. 
  • Pembatasa bagi tenaga kerja mengenai jam kerja yang diperbolehkan yaitu 7 jam dalam sehari dan atau 40 jam dalam seminggu dan beristirahat paling sedikit 30 menit.

Comments

Popular posts from this blog