Skip to main content

5 Kiat Mengontrol Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)


Tenaga yang mengalir ke pembuluh darah Anda disebut tekanan darah. Seseorang di kategorikan memiliki Tekanan darah normal jika hasil ukur pada alat tensimeter menunjukkan 120/80 mmHg. Jika Anda memiliki masalah jantung, aliran bisa menjadi lebih kuat dan darah akan mengalir dengan tekanan pada pembuluh darah Anda. Akibatnya, tekanan yang lebih tinggi memberi lebih banyak tekanan pada jantung dan vena Anda. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada jantung . Pada kasus yang parah, pasien menderita serangan jantung. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengontrol tekanan darah dengan tips-tips sederhana berikut ini.

#1 Berolahraga rutin

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan berjalan setiap pagi  minimal 30 menit di secara teratur maka dapat mengendalikan tekanan darah anda ke normal. Olahraga di pagi hari dapat menurunkan tekanan darah hingga 9 mmHg. Namun,  harus diperhatikan bahwa harus memulai dengan dengan lambat dan kemudian terus mengikuti langkah serta frekuensi latihan Anda.
Jika Anda tidak ingin bergabung dengan gym, Anda bisa berenang, joging atau mendaki. Sebenarnya, yang perlu Anda lakukan adalah bergerak. Selain ini, Anda bisa memberi dorongan untuk melakukan push up, dan mengangkat beban.

#2 Ubah Kebiasaan Makan 

Jika mengikuti diet yang baik, Anda bisa mengurangi tekanan darah hingga 14mmHg. Idealnya, diet Anda harus mencakup biji-bijian, sayuran dan buah-buahan. Terlepas dari ini, Anda mungkin ingin mencoba ikan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak dan produk susu yang rendah lemak. Makanan yang harus Anda kurangi adalah daging berlemak, produk susu berlemak dan produk yang tinggi lemak. Sebaiknya hindari minuman manis seperti sirup dan soda.

#3 Gunakan sedikit garam

Gunakan garam secukupnya untuk menjaga darah Anda tetap normal. Bila Anda menggunakan terlalu banyak garam, tubuh Anda tetap cair. Akibatnya, Tekanan darah Anda akan naik. Menurut dokter, sebaiknya jangan mengkonsumsi lebih dari 1,4 gram garam per hari. Dengan kata lain, jumlah garam maksimal yang bisa Anda konsumsi adalah setengah sendok teh dalam 24 jam. Sebagai alternatif garam, Anda bisa menggunakan bumbu dan rempah-rempah.

#4 Kendalikan berat badan Anda

Berat badan memiliki dampak signifikan pada tekanan darah Anda. Jadi, jika Anda kelebihan berat badan, berysaha menurunkankannya hingga 4 Kg akan sangat membantu. Oleh karena itu, disarankan agar Anda mengawasi lingkar pinggang Anda. Idealnya, jika Anda seorang pria, pinggang Anda seharusnya tidak berukuran lebih dari 40 inci. Di sisi lain, tunjangan maksimum untuk wanita adalah 35 inci.

#5 Hindari Stres

Stres merupakan faktor yang dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Sebisa mungkin hikangkan dan abaikan hal-hal yang membuat anda stres. Jangan terlalu tertekan pada kerja. Cobalah untuk mencari hiburan untuk mencegah terjadinya stres. 

Comments

Popular posts from this blog