PROGRAM
KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL
PROGRAM :
ONLINE
ART GALLERY SEBAGAI MEDIA PROMOSI HASIL KARYA SENI MAHASISWA
BIDANG
KEGIATAN :
PKM
KEWIRAUSAHAAN (PKMK)
Disusun
Oleh :
Musfiq
Fadhil
|
6411414085
(2014)
|
Sigit
Setiawan
|
5201414013 (2014)
|
Alfian
Nur Fikri
|
6101413177
(2013)
|
Dian
Fitriana
|
6411414111
(2014)
|
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
KOTA
SEMARANG
2015
HALAMAN
PENGESAHAN
1.
|
Judul Kegiatan
|
:
|
ONLINE ART GALLERY SEBAGAI MEDIA PROMOSI
HASIL KARYA SENI MAHASISWA
|
2.
|
Bisang Kegiatan
|
:
|
PKMK
|
3.
|
Bidang Ilmu
|
:
|
Teknologi dan
Rekayasa
|
4.
|
Ketua pelaksana
Kegiatan
a.
Nama Lengkap
b.
NIM
c.
Jurusan
d.
Universitas
e.
Alamat Rumah
dan no telp./hp
|
:
:
:
:
:
:
|
Musfiq Fadhil
6411414085
Kesehatan Masyarakat
Universitas Negeri
Semarang
Luwungragi Rt 03/07,
Bulakamba Brebes, 081904356522
|
5.
|
Anggota pelaksana
|
:
|
3 Orang
|
6.
|
Dosen Pendamping
a.
Nama Lengkap
b.
NIDN
|
:
:
|
|
7.
|
Biaya Kegiatan Total
DIKTI
Sumber lain
|
:
:
|
Rp. 8.965.000;
Tidak ada
|
8.
|
Jangka waktu
Pelaksanaan
|
:
|
6 Bulan
|
Semarang, Oktober
2015
Menyetujui,
Ketua
Jurusan
(
)
NIP.
|
Ketua Pelaksana Kegiatan
( Musfiq Fadhil )
NIM. 6411414085
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pembantu
Rektor Bidang Kemahasiswaan
(Dr.
Bambang Budi Raharjo M.Si.)
NIP. 196012171986011001 |
Dosen
Pendamping
( )
NIDN.
DAFTAR
ISI
RINGKASAN
Internet
merupakan teknologi telekomunikasi dan informasi yang mempunyai banyak
keunggulan di banding dengan teknologi komunikasi konvensional. Untuk itulah
hampir seluruh masyarakat setiap hari mengakses internet baik untuk
berkomunikasi dan mencari informasi maupun untuk keperluan lain misalnya
seperti untuk hiburan, menyimpan data dan berbelanja. Khusus untuk berbelanja,
masyarakat sudah tidak merasa khawatir lagi di saat akan membeli barang dengan
pemesanan melalui internet. Akses yang mudah, dan hemat membuat pengguna
interrnet kian banyak dapat dilihat dari dari angka melek teknologi yang semakin
besar.
Program
Online Art Gallery muncul sebagai salah satu program untuk menjawab permasalahan
tersebut. Dengan Online Art Gallery, Mahasiswa lebih mudah dalam memasarkan
produk kesenian mereka sehingga dapat memberikan pendapatan tambahan untuk keperluan
hidup mereka serta mengasah jiwa kewirausahaan mahasiswa untuk menghadapi persaingan
kerja yang semakin ketat dan sedikitnya lapangan pekerjaaan.
Onlie
Art Gallery adalah sebuah website yang mempromosikan dan menjual produk-produk
kesenian dari mahasiswa dan masyarakat umum dengan sistem komisi perpenjualan
serta tarif pemasanagan iklan pada website. Online Art Gallery memberikan
prospek keuntungan yang besar baik untuk para penjual maupun untuk kami sebagai
pemilik website.
Lokasi
usaha ini berada di Jalan Pete Rt. 01 Rw. 01 desa Sekaran, Kecamatan
Gunungpati, Kota Semarang. Pembuatan website dilakukan pada 2 bulan pertama
dilanjutkan dengan mendata mahasiswa dan masyarakat yang ingin menjual produk
mereka pada bulan ketiga. Kemudian melakukan promosi di berbagai media massa
cetak maupun elektronik serta melakukan
seminar sosialisasi pengenalan website kepada mahasiswa dan masyarakat. Pada
empat bulan selanjutnya fokus melakukan optimasi website dan menarik pengunjung
website untuk mau membeli produk yang disediakan oleh website kami sehingga
diharapkan website sudah mendapatkan penghasilan seperti apa yang telah
direncanakanan.
1.1 Latar Belakang Masalah
Latar
belakang yang kami jadikan sebagai alasan kami membuat program ini adalah
sebagai berikut :
Pada era globalisasi
ini, perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi dan informasi semakin
pesat terutama dengan berkembangnya internet. Pengguna dan pengkses internet
terus bertambah setiap waktunya. Berdasarkan data dari “We Are Social” Di seluruh
dunia pengguna aktif internet mencapai 34,7 milliar dan akan terus
meningkat 7,6% darri tahun ke tahun. Sedangkan menurut riset dari Asosiasi Penyedia jasa
Internet Indonesia (APJII) dan
pernyataan dari KEMKOMINFO jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 8,2
juta pada tahun 2014 meningkat 34,9 % dibanding tahun 2013 sehingga menempatan
Indonesia pada urutan ke-8 sebagai negara dengan jumlah pengguna internet aktif
terbesar di dunia.
Internet digunakan oleh
para pengaksesnya di seluruh dunia untuk berbagai macam keperluan dan tujuan. Kebutuhan
akan informasi dapat dipenuhi dengan mudah dengan hanya mengetikkan kata kunci
dari informasi yang diinginkan pada mesin pencari informasi di internet dan
dalam hitungan kurang dari satu detik informasi sudah tersedia. Pengetahuan,
hiburan, bahkan hingga berbelanja dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan
mengakses internet. Untuk berbelanja dan bertransaksi lewat internet (e-Commerce), masyarakat sudah tidak
khawatir lagi bertransaksi memesan dan membeli barang di internet lewat toko
online. Dengan disempurnakannya sistem yang semakin melindungi konsumen yang
ingin berbelanja membuat masyarakat tak lagi takut dan ragu bertransaksi online
lewat internet.
Bagi mahasiswa,
terutama yang mengambil bidang kesenian kerapkali mengalami kendala ketika
ingin memamerkan hasil karya mereka dengan membuat galeri seni. Hal tersebut
dikarenakan biaya untuk membagun sebuah galeri seni tidak sedikit serta
keterbatasan waktu yang dimiliki mahasiswa. Maka dari itu banyak hasil karya seni yang mereka
hasilkan hanya di pajang di tempat pribadi. Masalah lain yamg kerap muncul
adalah ketika mahasiswa diberikan tugas oleh dosen untuk membuat produk seni.
Setelah tugas tersebut terpenuhi sering kali produk kesenian yang dihasilkan
hanya dibiarkan terbengkalai dan bahkan terbuang begitu saja tanpa kelanjutan.
Hal itu tentu saja sangaat disayangkan apabila produk-produk kesenian tersebut
tidak dimanfaatkan scaara optimal.
Berdasarkan uraian di
atas, maka kami membuat bisnis gallery online memanfaatkan teknologi internet
yang mempromosikan produk-produk kesenian hasil
karya mahasiswa sebagai solusi untuk lebih memanfaatkan peluang. Serta
sebagai upaya menubuhkan jiwa kewirausahaan sebagai bekal setekah lulus
sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
1.2
Adapun permasalahan yang diiambil dari
latar belakang adalah :
1.
Bagaimana
prospek galeri seni online di masyarakat ?
2.
Bagaimana
menumbukan budaya kewirausahaan di lingkungan mahasiswa dalam bidang e-commerce
?
3. Bagaimana
startegi pemasarannya ?
1.3 Tujuan Program
1.
Memperoleh
pendapatan dan keuntungan
2.
Mencari peluang
bisnis yang menjanjikan si tengah persaingan bisnis yaang semakin ketat
3.
Menciptakan
lapangan pekerjaan baru bagi mahasiswa
4.
Memudahkan
pemasaran produk seni dan kerajinan tangan mahasiswa maupun masyarakat umum
5. Memberikan
kepuasan kepada konsumen
1.4
Luaran yaang diharapkan
1.
Website galeri
seni online
2.
Pendapatan dan
keuntungan
3.
Jiwa
kewirausahaan
1.5 Kegunaan Program
Melalui
PKM kewirausahaan ini diharapkan dapat diperoleh kegunaan :
1.
Membantu
mahasiswa memamerkan dan menjual hasil karya seni mereka
2.
Membantu
masyakat pengrajin kerajinan tangan mempromosikan produk
3. Menjadi
sarana bagi mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan melalui penjualan hasil
karya seni mereka.
4.
Membantu
masyarakat pecinta barang seni untuk mendapatkan barang yang diinginkan.
5.
Menjadi pusat
informasi dan pendidikan bagi masyarakat
tentang bisins yang berbasis teknologi internet
6.
Menjadi salah
satu sumber pengetahuan tentang peluang usaha kreatif guna meningkatkan
kesejahteraan.
BAB
2 – GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1
Potensi Pasar
Jenis usaha yang kami
buat adalah jasa promosi dan reseller bagi para mahasiswa dan mayarakat
pengrajin untuk menjualnya kepada pembeli. Online art Gallery adalah sebuah
galeri seni berbasis website untuk memudahkan pengunjung mencari infomrasi
tentang produk-produk seni. Dalam website ini pengunjung dapat menemukan
berbagai produk seni mahasiswa dan masyarakat lengkap beserta rincian
keunggulan serta kekurangan produk tersebut. Pendirian website ini adalah
sebagai salah satu usaha menghadapi semakin berkembangnya sistem teknologi dan
informasi berbasis internet.
2.2
Keunggulan produk
Keunggulan program ini
anatara lain : akses yang mudah dan luas, tampilan nyaman dan elegan,
praktis, mudah dalam pembuatan, biaya
pemasangan iklan yang murah sehingga tidak memberatkan para pemasang iklan baik
dari mahasiswa maupun masyarakat pengrajin produk seni.
2.3
Konsumen dan segmentasi pasar
Prospek usaha ini
terbilang besar karena pengguna internet semakin hari semakin besar dan menjadi
potensi yang menjanjikan dalam pengembangan usaha. Segmentasi pasarnya meliputi
: Mahasiswa, pengrajin, pengusaha properti, designer, periklanan dan web.
2.4
Pesaing dan peluang pasar
Usaha ini memiliki
peluang besar untuk dikembangkan hal ini dikarenakan permintaan konsumen dalam
bidang kecepatan serta kemudahan akses untuk mencari informasi yang konsumen
butuhkan cukup besar. Dapat dilihat dari pengguna internet yang semakin banyak
diiringi angka melek teknologi yang semakin besar. Produk ini bersaing dengan
layanan iklan lain berupa media masa. Namun karena produk yang berbasis online
ini lebih efektif dan lebih menarik minat masyarakat.
2.5
Media promosi dan perencanaan satu tahun
Media promosi yang
digunakan berupa pemasangan iklan di
media massa cetak, dengan stiker, pamflet dan spanduk, serta menawarkan
langsung kepada mahasiswa dan masyarakat. Selain itu, kami juga menggunakan
media elektronik berupa promosi di sosial media dan memasang iklan pada website
yang sudah memiliki trafik pengunjung
yang tinggi serta kami melakukan optimasi mesin pencarian seperti Google dan
Yahoo agar website kami berada pada halaman pertama SERP (Search Engine Result
Page). Perencanaan setelah satu tahun dengan mengembangkan dengan fitur-fitur
yang membuat seller, pengunjung dan konsumen lebih nyaman dan merasa aman dalam
mengakses Online art Gallery ini.
Strategi pemasaran produk kami adalah sebagai
berikut :
1.
Design website
dibuat eyecatching dengan template yang elegan, modern dan tidak terlalu
berat saat memuat serta mobile friendly mengingat kebanyakan pengakses internet
menggunakan perangkat mobile berupa ponsel atau tablet.
2.
Pemasaran kami
dengan promosi ke media massa serta penyebaran stiker, pamflet dan spanduk.
3.
Mengembangkan
aplikasi ponsel Online Art Shop sehingga
pengunjung lebih mudah ketika akan mengakses website kami.
4.
Search Engine
Optimation (SEO) agar website kami lebih mudah ditemukan saat pengguna
mengetikan kata kunci tertentu pada mesin pencari internet.
2.7
Analisis Kelayakan Usaha
a. Investasi
yang diperlukan
Biaya produksi : Rp. 6.830.000;
Biaya penyusutan : Rp.
1.450.000;
Biaya Lain-lain : Rp. 685.000; +
Total
: Rp.
8.965.000;
b. Rencana
pendapatan dari komisi per produl terjual dan pemasangan iklan
1. Pendapatan
dari komisi penjjualan
2. Pendapatan
pemasangan iklan
Rencana laporan laba rugi (tahun)
Rasio keuangan
B/C Ratio = Pendapatan
= Rp 634.235.000 =
70,75 = 7,75 %
Total cost Rp. 8.965.000;
Pay back period =
total cost x 12 bulan = Rp. 8.965.000 = 1,68
pendapatan Rp 634.235.000
Modal akan kembali dalam waktu sekitar 3 hari
sehingga usaha online art gallery layak dijalankan.
5.
Program Kreativitas
mahasiswa ini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu (1) Tahap persaiapan, (2) Tahap
pelaksanaan, (3) Tahap evaluasi. Perincin dari tahap-tahap tersebut adalah
sebagai berikut :
1. Tahap
Persiapan
Pada
tahap ini kami melakukan pembelian bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan
website, meliputi : tempat usaha, komputer, pembelian domain dan hosting. Kemudian
dilanjutkan dengan mulai membuat website.
2. Tahap
pelaksanaan
·
Penawaran
pemasangan iklan kepada mahasiswa dan pengusaha kerajinan tangan secara door to
door agar calon penjual lebih merasa mempercayai bekerja sama dengan kami.
·
Publikasi
website Online Art Gallery dengan pemasangan iklan pada media massa cetak dan
elektronik. Menyebar spanduk, stiker, pamflet dan brosur.
3. Tahap
evaluasi
Merupakan
tahap evaluasi dari pelaksanaan program yang telah direncanakan dan sebagai
laporan pertanggungjwaban bagi timpelaksana kegiatan. Laporan disusun sesuai
dengan apa yang telah dilaksanakan dan hasil yang telah dicapai untuk kemudian
di serahkan kepada evaluator pusat.
BAB
4 – BIAYA DAN ANGGARAN
4.1 Anggaran Biaya
a. Biaya produksi
b. Biaya penyusutan pertahun : Rp. 1.450.000;
c. Biaya lain-lain
4.2 Jadwal Kegiatan
|
Comments
Post a Comment