Skip to main content

Contoh PKMK 2015 2016 : Online Art Gallery Sebagai Medi Promosi Karya Seni Mahasiswa



loggo unnes baru




PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM :
ONLINE ART GALLERY SEBAGAI MEDIA PROMOSI HASIL KARYA SENI MAHASISWA

BIDANG KEGIATAN :
PKM KEWIRAUSAHAAN (PKMK)
Disusun Oleh :
Musfiq Fadhil
6411414085 (2014)
Sigit Setiawan
5201414013 (2014)
Alfian Nur Fikri
6101413177 (2013)
Dian Fitriana
6411414111 (2014)



UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
KOTA SEMARANG

2015






HALAMAN PENGESAHAN
1.
Judul Kegiatan
:
ONLINE ART GALLERY SEBAGAI MEDIA PROMOSI HASIL KARYA SENI MAHASISWA

2.
Bisang Kegiatan
:
PKMK
3.
Bidang Ilmu
:
Teknologi dan Rekayasa
4.
Ketua pelaksana Kegiatan
a.       Nama Lengkap
b.      NIM
c.       Jurusan
d.      Universitas
e.       Alamat Rumah dan no telp./hp

:
:
:
:
:


Musfiq Fadhil
6411414085
Kesehatan Masyarakat
Universitas Negeri Semarang
Luwungragi Rt 03/07, Bulakamba Brebes, 081904356522

5.
Anggota pelaksana
:
3 Orang
6.
Dosen Pendamping
a.       Nama Lengkap
b.      NIDN

:
:

7.
Biaya Kegiatan Total
DIKTI
Sumber lain

:
:

Rp. 8.965.000;
Tidak ada
8.
Jangka waktu Pelaksanaan

:

6 Bulan
Semarang, Oktober 2015
Menyetujui,
Ketua Jurusan



(                         )
NIP.


Ketua Pelaksana Kegiatan


(  Musfiq Fadhil     )
NIM. 6411414085
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan


(Dr. Bambang Budi Raharjo M.Si.)
NIP. 196012171986011001
Dosen Pendamping



(                            )
NIDN.   







DAFTAR ISI
Halaman Pengesahan ................................................................................
ii
Daftar Isi ....................................................................................................
iii
Ringkasan ..................................................................................................
iv
Bab 1 – Pendahuluan ..............................................................................
1.1  Latar Belakang .............................................................................
1.2  Perumusan Masalah .....................................................................
1.3   Tujuan Program ..........................................................................
1.4  Luaran yang Diharapkan ..............................................................
1.5  Kegunaan Program .......................................................................
1
1
1
1
1
1
Bab 2 – Gambaran Umum Rencana Usaha ........................................
2.1 Gambaran Umum ........................................................................
2.2 Analisis Peluang Pasar .................................................................
2.3 Tingkat Persaingan.......................................................................
2
2
2
3
Bab 3 – Metode Pelaksanaan  ...............................................................
5
Bab 4 – Biaya dan Jadwal Kegiatan ....................................................
4.1 Anggaran Biaya ..........................................................................
4.2 Jadwal Kegiatan .........................................................................
5
5
6
Daftar Pustaka.........................................................................................
7
Lampiran-Lampiran ...............................................................................
8
Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota ................................................
8
Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan .............................................
9
Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pembagian Tugas .....
10
Lampiran 4. Surat Kesepakatan Kerjasama ..............................................
13

iii

 

RINGKASAN
Internet merupakan teknologi telekomunikasi dan informasi yang mempunyai banyak keunggulan di banding dengan teknologi komunikasi konvensional. Untuk itulah hampir seluruh masyarakat setiap hari mengakses internet baik untuk berkomunikasi dan mencari informasi maupun untuk keperluan lain misalnya seperti untuk hiburan, menyimpan data dan berbelanja. Khusus untuk berbelanja, masyarakat sudah tidak merasa khawatir lagi di saat akan membeli barang dengan pemesanan melalui internet. Akses yang mudah, dan hemat membuat pengguna interrnet kian banyak dapat dilihat dari dari angka melek teknologi yang semakin besar.
Program Online Art Gallery muncul sebagai salah satu program untuk menjawab permasalahan tersebut. Dengan Online Art Gallery, Mahasiswa lebih mudah dalam memasarkan produk kesenian mereka sehingga dapat memberikan pendapatan tambahan untuk keperluan hidup mereka serta mengasah jiwa kewirausahaan mahasiswa untuk menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat dan sedikitnya lapangan pekerjaaan.
Onlie Art Gallery adalah sebuah website yang mempromosikan dan menjual produk-produk kesenian dari mahasiswa dan masyarakat umum dengan sistem komisi perpenjualan serta tarif pemasanagan iklan pada website. Online Art Gallery memberikan prospek keuntungan yang besar baik untuk para penjual maupun untuk kami sebagai pemilik website.
Lokasi usaha ini berada di Jalan Pete Rt. 01 Rw. 01 desa Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Pembuatan website dilakukan pada 2 bulan pertama dilanjutkan dengan mendata mahasiswa dan masyarakat yang ingin menjual produk mereka pada bulan ketiga. Kemudian melakukan promosi di berbagai media massa cetak maupun elektronik  serta melakukan seminar sosialisasi pengenalan website kepada mahasiswa dan masyarakat. Pada empat bulan selanjutnya fokus melakukan optimasi website dan menarik pengunjung website untuk mau membeli produk yang disediakan oleh website kami sehingga diharapkan website sudah mendapatkan penghasilan seperti apa yang telah direncanakanan.
iv

 

1
BAB 1 – PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang Masalah
Latar belakang yang kami jadikan sebagai alasan kami membuat program ini adalah sebagai berikut :
Pada era globalisasi ini, perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi dan informasi semakin pesat terutama dengan berkembangnya internet. Pengguna dan pengkses internet terus bertambah setiap waktunya. Berdasarkan data dari “We Are Social” Di seluruh dunia  pengguna aktif  internet mencapai 34,7 milliar dan akan terus meningkat 7,6% darri tahun  ke tahun. Sedangkan  menurut riset dari Asosiasi Penyedia jasa Internet Indonesia (APJII)  dan pernyataan dari KEMKOMINFO jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 8,2 juta pada tahun 2014 meningkat 34,9 % dibanding tahun 2013 sehingga menempatan Indonesia pada urutan ke-8 sebagai negara dengan jumlah pengguna internet aktif terbesar di dunia.
Internet digunakan oleh para pengaksesnya di seluruh dunia untuk berbagai macam keperluan dan tujuan. Kebutuhan akan informasi dapat dipenuhi dengan mudah dengan hanya mengetikkan kata kunci dari informasi yang diinginkan pada mesin pencari informasi di internet dan dalam hitungan kurang dari satu detik informasi sudah tersedia. Pengetahuan, hiburan, bahkan hingga berbelanja dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan mengakses internet. Untuk berbelanja dan bertransaksi lewat  internet (e-Commerce), masyarakat sudah tidak khawatir lagi bertransaksi memesan dan membeli barang di internet lewat toko online. Dengan disempurnakannya sistem yang semakin melindungi konsumen yang ingin berbelanja membuat masyarakat tak lagi takut dan ragu bertransaksi online lewat internet.
Bagi mahasiswa, terutama yang mengambil bidang kesenian kerapkali mengalami kendala ketika ingin memamerkan hasil karya mereka dengan membuat galeri seni. Hal tersebut dikarenakan biaya untuk membagun sebuah galeri seni tidak sedikit serta keterbatasan waktu yang dimiliki mahasiswa. Maka dari  itu banyak hasil karya seni yang mereka hasilkan hanya di pajang di tempat pribadi. Masalah lain yamg kerap muncul adalah ketika mahasiswa diberikan tugas oleh dosen untuk membuat produk seni. Setelah tugas tersebut terpenuhi sering kali produk kesenian yang dihasilkan hanya dibiarkan terbengkalai dan bahkan terbuang begitu saja tanpa kelanjutan. Hal itu tentu saja sangaat disayangkan apabila produk-produk kesenian tersebut tidak dimanfaatkan scaara optimal.
Berdasarkan uraian di atas, maka kami membuat bisnis gallery online memanfaatkan teknologi internet yang mempromosikan produk-produk kesenian hasil  karya mahasiswa sebagai solusi untuk lebih memanfaatkan peluang. Serta sebagai upaya menubuhkan jiwa kewirausahaan sebagai bekal setekah lulus sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
1.2 
2
Perumusan Masalah
Adapun permasalahan yang diiambil dari latar belakang adalah :
1.      Bagaimana prospek galeri seni online di masyarakat ?
2.      Bagaimana menumbukan budaya kewirausahaan di lingkungan mahasiswa dalam bidang e-commerce ?
3.    Bagaimana startegi pemasarannya ?
1.3  Tujuan Program
1.      Memperoleh pendapatan dan keuntungan
2.      Mencari peluang bisnis yang menjanjikan si tengah persaingan bisnis yaang semakin ketat
3.      Menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi mahasiswa
4.      Memudahkan pemasaran produk seni dan kerajinan tangan mahasiswa maupun masyarakat umum
5.      Memberikan kepuasan kepada konsumen
1.4 Luaran yaang diharapkan
1.      Website galeri seni online
2.      Pendapatan dan keuntungan
3.      Jiwa kewirausahaan
1.5   Kegunaan Program
Melalui PKM kewirausahaan ini diharapkan dapat diperoleh kegunaan :
1.      Membantu mahasiswa memamerkan dan menjual hasil karya seni mereka
2.      Membantu masyakat pengrajin kerajinan tangan mempromosikan produk
3.      Menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan melalui penjualan hasil karya seni mereka.
4.      Membantu masyarakat pecinta barang seni untuk mendapatkan barang yang diinginkan.
5.      Menjadi pusat informasi dan pendidikan bagi  masyarakat tentang bisins yang berbasis teknologi internet
6.      Menjadi salah satu sumber pengetahuan tentang peluang usaha kreatif guna meningkatkan kesejahteraan.


3
 

BAB 2 – GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1 Potensi Pasar
Jenis usaha yang kami buat adalah jasa promosi dan reseller bagi para mahasiswa dan mayarakat pengrajin untuk menjualnya kepada pembeli. Online art Gallery adalah sebuah galeri seni berbasis website untuk memudahkan pengunjung mencari infomrasi tentang produk-produk seni. Dalam website ini pengunjung dapat menemukan berbagai produk seni mahasiswa dan masyarakat lengkap beserta rincian keunggulan serta kekurangan produk tersebut. Pendirian website ini adalah sebagai salah satu usaha menghadapi semakin berkembangnya sistem teknologi dan informasi berbasis internet.
2.2 Keunggulan produk
Keunggulan program ini anatara lain : akses yang mudah dan luas, tampilan nyaman dan elegan, praktis,  mudah dalam pembuatan, biaya pemasangan iklan yang murah sehingga tidak memberatkan para pemasang iklan baik dari mahasiswa maupun masyarakat pengrajin produk seni.
2.3 Konsumen dan segmentasi pasar
Prospek usaha ini terbilang besar karena pengguna internet semakin hari semakin besar dan menjadi potensi yang menjanjikan dalam pengembangan usaha. Segmentasi pasarnya meliputi : Mahasiswa, pengrajin, pengusaha properti, designer, periklanan dan web.
2.4 Pesaing dan peluang pasar
Usaha ini memiliki peluang besar untuk dikembangkan hal ini dikarenakan permintaan konsumen dalam bidang kecepatan serta kemudahan akses untuk mencari informasi yang konsumen butuhkan cukup besar. Dapat dilihat dari pengguna internet yang semakin banyak diiringi angka melek teknologi yang semakin besar. Produk ini bersaing dengan layanan iklan lain berupa media masa. Namun karena produk yang berbasis online ini lebih efektif dan lebih menarik minat masyarakat.
2.5 Media promosi dan perencanaan satu tahun
Media promosi yang digunakan berupa pemasangan iklan di  media massa cetak, dengan stiker, pamflet dan spanduk, serta menawarkan langsung kepada mahasiswa dan masyarakat. Selain itu, kami juga menggunakan media elektronik berupa promosi di sosial media dan memasang iklan pada website yang  sudah memiliki trafik pengunjung yang tinggi serta kami melakukan optimasi mesin pencarian seperti Google dan Yahoo agar website kami berada pada halaman pertama SERP (Search Engine Result Page). Perencanaan setelah satu tahun dengan mengembangkan dengan fitur-fitur yang membuat seller, pengunjung dan konsumen lebih nyaman dan merasa aman dalam mengakses Online art Gallery ini.
4
2.6 Strategi pemasaran
Strategi pemasaran produk kami adalah sebagai berikut :
1.      Design website dibuat eyecatching dengan template yang elegan, modern dan tidak terlalu berat saat memuat serta mobile friendly mengingat kebanyakan pengakses internet menggunakan perangkat mobile berupa ponsel atau tablet.
2.      Pemasaran kami dengan promosi ke media massa serta penyebaran stiker, pamflet dan spanduk.
3.      Mengembangkan aplikasi ponsel Online Art Shop  sehingga pengunjung lebih mudah ketika akan mengakses website kami.
4.      Search Engine Optimation (SEO) agar website kami lebih mudah ditemukan saat pengguna mengetikan kata kunci tertentu pada mesin pencari internet.
2.7 Analisis Kelayakan Usaha
a.       Investasi yang diperlukan
Biaya produksi            :                       Rp. 6.830.000;
Biaya penyusutan        :                       Rp. 1.450.000;
Biaya Lain-lain            :                       Rp. 685.000;   +
                                                Total :  Rp. 8.965.000;


b.      Rencana pendapatan dari komisi per produl terjual dan pemasangan iklan
1.      Pendapatan dari komisi penjjualan
Komisi per produk terjual
Jumlah produk terjual perbulan
Rata-rata Harga produk
Pendapatan Perbulan (harga x 10%x jumlah)
Pendapatan pertahun
10%
300
Rp. 300.000
Rp.9.000.000;
Rp.  108.000.000
Jumlah
Rp.  108.000.000



5
 

2.      Pendapatan pemasangan iklan
Jenis dan letak iklan
Lama pemasangan iklan

Pendapataan pertahun

Jumlah perbulan x harga
Perbulan
Banner 700x500 px, homepage
1x2.000.000;
2.000.000
24.000.000
Side banner 70x150 px
1x1200.000
1.200.000
14.400.000
Post page banner
200x200.000;
40.000.000
480.000.000;
PPC Google Adsense
1x1.400.000;
1.400.000
16.800.000
Jumlah
44.600.000
44.600.000
535.200.000

Rencana laporan laba rugi (tahun)
Keterangan
Jumlah (rupiah)
Pendapatan
643.200.000
Dikurangi : biaya usaha, penyusutan, tenaga kerja
8.280.000
Laba kotor
634.920.000
Dikurangi : biaya lain-lain
685.000
Laba bersih
634.235.000

Rasio keuangan
B/C Ratio = Pendapatan  =  Rp 634.235.000  = 70,75 = 7,75 %
                      Total cost        Rp. 8.965.000;
Pay back period =  total cost x 12 bulan = Rp. 8.965.000      = 1,68
                              pendapatan                     Rp 634.235.000  
Modal akan kembali dalam waktu sekitar 3 hari sehingga usaha online art gallery layak dijalankan.

5.       
6
BAB 3 – METODE PELAKSANAAN
Program Kreativitas mahasiswa ini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu (1) Tahap persaiapan, (2) Tahap pelaksanaan, (3) Tahap evaluasi. Perincin dari tahap-tahap tersebut adalah sebagai berikut :
1.      Tahap Persiapan
Pada tahap ini kami melakukan pembelian bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan website, meliputi : tempat usaha, komputer,  pembelian domain dan hosting. Kemudian dilanjutkan dengan mulai membuat website.
2.      Tahap pelaksanaan
·         Penawaran pemasangan iklan kepada mahasiswa dan pengusaha kerajinan tangan secara door to door agar calon penjual lebih merasa mempercayai bekerja sama dengan kami.
·         Publikasi website Online Art Gallery dengan pemasangan iklan pada media massa cetak dan elektronik. Menyebar spanduk, stiker, pamflet dan brosur.
3.      Tahap evaluasi
Merupakan tahap evaluasi dari pelaksanaan program yang telah direncanakan dan sebagai laporan pertanggungjwaban bagi timpelaksana kegiatan. Laporan disusun sesuai dengan apa yang telah dilaksanakan dan hasil yang telah dicapai untuk kemudian di serahkan kepada evaluator pusat.

BAB 4 – BIAYA DAN ANGGARAN
4.1 Anggaran Biaya
a. Biaya produksi
Biaya
Keterangan
Jumlah (rupiah)
Biaya sewa tempat
12 bulan
1.000.000
Biaya tenaga kerja
2x300.000
600.0000
Biya listrik dan air
12 bulan
300.000
Biaya telepon
12 bulan
300.000
Pembelian komputer pentium 3
1x 1500.000                   
1.500.000
Pembelian printer
1x600.000
600.000
Domain satu tahun
1x @150.000
150.000
Hosting
12 bulan x 100.000
1200.000
Biaya browsing Internet

150.000
Pemasangan spanduk
3 bh x 90.000
270.000
Stiker
200 bh x 1000
7
200.000
Brosur dan pamflet
200 bh x 500
100.000
Biaya pemasangan iklan di media massa
6 kali
300.000
Biaya transport pengumpulan data penjual produk seni
6 bulan
160.000
Jumlah
6.830.000

b. Biaya penyusutan pertahun : Rp. 1.450.000;

c. Biaya lain-lain
Biaya
Ketereangan
Harga
Kertas kwarto A4s 70 gram
2 rim x 30000
600.000
Tinta printer
2 buah x 20.000
40.000
Spidol besar
2 x 5.000
10.000
Dokumentasi program

95.000
Pembuatan dan penggandaan proposal serta laporan

120.000
Flashdisk 2GB
1 buah 60.000
60.000
Catridge printer
1 buah x 150.000
150.000
Transportaasi tim

150.000
Jumlah
685.000

4.2 Jadwal Kegiatan

Jenis Kegiatan
Bulan


1
2
3
4
5
A.
Tahap pertama (Persiapan)






1.      Perijinan usaha





2.      Persiapan tempat





3.      Pembuatan website





B.
Tahap kedua (Pelaksanaan)




8

1.      Penawaran pemasangan iklan






2.      Publikasi website






3.      Pengembangan usaha





C.
Tahap ketiga (Monev)






1.      Pemantauan dan evaluasi






2.       Penyusunan laporan






3.      Pemyerahan laporan









Comments